Rabu, 07 Maret 2012

Sunshine Becomes You

Judul: Sunshine Becomes You
Penulis: Ilana Tan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 2012 
Hlm: 432
ISBN: 9789792278132


Review:

Alex Hirano seorang pianis terkenal ketiban sial ketika Mia Clark menabraknya dan menyebabkan pergelangan tangannya terkilir padahal minggu depan ia harus menggelar konser piano. Tak heran jika setelah itu Alex menganggap Mia adalah Malaikat Kegelapan. Bahkan ketika Mia menawarkan diri menjadi tangan kirinya yang bisa Alex bayangkan adalah bahwa Mia entah bagaimana akan berhasil mematahkan tangan kanan sekaligus kedua kakinya.

Mia Clark merasa sangat, sangaaat bersalah karena telah melukai Alex Hirano dan membuat lelaki itu terpaksa membatalkan konser pentingnya. Jadi setelah meminta maaf, Mia berusaha sebaik mungkin menjadi tangan kiri Alex. Yah, Mia maklum kalau Alex yang masih kesal bersikap dingin padanya dan Mia dengan tulus menuruti apapun tugas yang Alex bebankan padanya. Tahu kan tugas semacam membereskan apartemen Alex; menyiapkan sarapan, makan siang, dan makan malam Alex; berbelanja untuknya; dan mengantar Alex ke rumah sakit untuk mengganti perban. Iya, tugas seorang pesuruh.

Tapi pepatah yang mengatakan cinta datang karena terbiasa itu memang tidak ada matinya. Hal yang sama juga terjadi pada Alex Hirano dan Mia Clark. Sayangnya perjalanan cinta Alex tidak semulus yang ia harapkan. Mia Clark ini rupanya punya banyak penggemar. Bahkan adiknya sendiri, Ray Hirano, cinta mati pada Mia dan tak sungkan untuk menunjukkannya. Lalu, bagaimana cara Alex untuk mendapatkan hati Mia?

Sunshine Becomes You menjadi novel ketiga yang saya review (setelah Summer in Seoul dan Winter in Tokyo) dan novel kelima Ilana Tan yang saya baca setelah 4 Musim Series. Setelah Summer in Seoul, jujur saja saya kecewa membaca seri selanjutnya karena semakin lama novel Ilana Tan dalam 4 Musim Series semakin jauh dibawah ekspektasi saya. Well, untungnya Autumn in Paris yang saya baca paling akhir diantara tiga seri sebelumnya rupanya berhasil mengatasi kekecewaan saya. It was a great read.

Ketika novel Sunshine Becomes You terbit saya agak skeptis membacanya karena sedikit takut dikecewakan kembali (Winter in Tokyo lumayan mengecewakan, menurut saya) jadi saya menunda membacanya. Well, seperempat buku saya sudah membayangkan ketakutan saya menjadi nyata, tapi ketika sampai pada separuh buku saya berubah pendapat. Sunshine Becomes You made my eyes wateringalmost crying. Dan ketika memasuki bab akhir, yea, I was officially crying.

Seperti biasa, gaya bahasa semi-baku Ilana Tan yang rapi membuat saya nyaman membacanya. Tapi ada yang lain, plot yang terjaga dan karakter yang kuat kali ini-lah yang membuat saya salut karena Ilana Tan sekali lagi membuktikan pada saya bahwa dia adalah penulis berbakat. Saya mendapati susah menebak rahasia Mia Clark sama seperti Ilana Tan yang mengecoh saya waktu itu dalam Autumn in Paris. Saya akui Sunshine Becomes You kali ini adalah novel yang lebih 'matang' diantara novel Ilana Tan yang lain. Brava, brava. Saya tunggu novel berikutnya, Kali ini saya beri 4 Bintang untuk Sunshine Becomes You!

PS: Di posting dalam rangka Baca Bareng Bulan Maret bersama #BBI

31 komentar:

  1. novelnya memang jarang2 terbit tapi skali terbit langsung banjir air mata bagi yg baca :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang punya link downloadnya bagi donx... atau kirim ke email mujihastutiknugroho@gmail.com

      Hapus
  2. jadi harus siapin tisue ya kl baca buku ini :)

    BalasHapus
  3. Sebenernya waktu itu agak ragu mau beli novel ini apa nggak, soalnya aku juga baca 4 novel Ilana sebelumnya dan bisa nebak kira2 alur cerita Sunshine Becomes You gak jauh sama beda sama novel sebelumnya. Pas baca sinopsis belakang buku kok kayaknya kurang sreg, tp denger temen2 bilang bagus ehh kamu malah kasih 4 bintang, jadi penasaran total! :P
    Thanks yah buat reviewnyaaa! Semoga nanti balik ke toko buku bisa beli buku ini (:

    BalasHapus
  4. pingin punya ni buku..kemarin cuma liat sepintas aja di gramedia.. katanya sih bagus..tapi agak ragu mau beli soalnya dah pernah baca 4 novelnya yang lain,,tapi kurang suka.. menurut Okeyz, ini bagus ga??

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Oky! kita barengan reviewnya padahal gak sengaja :D
    aku suka banget sama buku ini walaupun nggak sampai nangis :p

    BalasHapus
  7. @mas Dion
    Huehe, maaf mas ini aku juga pinjem temen :P

    @OceMei
    Hehe, buat aku yg bikin banjir cuma yg Autumn in Paris sama buku ini sih :P

    @nannianest
    Iya, kalo gampang banjir tisu itu wajib

    @jane reggievia
    Hihi, makasih uda mampir ya. Dan semua tergantung selera sebenernya, tapi semoga kamu suka ya :D

    @Ermilinda
    Iya, seri 4 musim kemarin aku juga agak kecewa, tapi di buku yg ini plotnya lebih matang

    @Maya
    Iya nih, padahal ga janjiaaan. Gemes deh jadinya... jangan-jangan kamu bisa baca pikiran :P

    BalasHapus
  8. mba, mau nanya dung. kalo mau gabung di blogger buku indonesia gimana caranya? apa harus selalu ngereview buku ya? :D pengen ikutan, hehe :D

    BalasHapus
  9. @Ila
    Hi, kalau mau gabung dengan BBI syaratnya gampang. Harus punya blog yg khusus membahas buku tanpa ada entry lain diluar topik buku. Ayuk ikutan :D

    BalasHapus
  10. Yang terakhir terbit dari 4 musim itu yang spring in london, bukan yang winter, karena yang pertama itu yang summer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, iya maaf ya. Saya sudah lama sih baca buku2nya jadi agak lupa pas bikin review.

      Makasih ya sudah diingatkan. Udah saya edit :D

      Hapus
  11. Iya..bagus banget novelnyaaa
    Siapin tisu..apalagi pas bab terakhirnya, haha
    d^.^b for Sunshine ecomes You =)

    BalasHapus
  12. jadi takut baca novelnya, gara gara endingnya toko utamanya meninggal, good novel, but I prefer happy ending than sad ending:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh meninggal ya? Aku kok sudah lupa *tidaaaak*

      Eh, tapi kamu tau dari mana kalo tokoh utamanya meninggal? Katanya takut baca..

      Hapus
  13. pengen baca novelnyaa.. tapi ga punya :(

    BalasHapus
  14. Sunshine Becomes You, aku bisa bilang ini lebih kena dari novel awalnya yg 4 season. Aku suka cara dia bercerita, narasinya, seluruh novelnya, juga endingnya..

    BalasHapus
  15. Tambah lagi nih masukan novel..hahaha..xD
    dulu udah tertarik pengen baca, setelah terpikat sama Winter in Tokyo (aku smpai ngebut baca semalem suntuk dan nangis) Mungkin emg krna udah trlalu fanatik sama Jepang kali ya? tpi 3 season lainnya blum aku baca .__.

    Dan, dilihat dari reviewnya..oke! saya brb cari bukunya!
    makasi yaa reviewnya! :D

    BalasHapus
  16. novelnya bagus :) gak ada bosennya klw baca :D malah bikin kepo

    BalasHapus
  17. Makasih buat reviewnya ^^ aku belum punya buku ini, baru yang 4 musimnya... masukin wishlist aha ^^

    BalasHapus
  18. Makasih buat reviewnya ^^ aku belum punya buku ini, baru yang 4 musimnya... masukin wishlist aha ^^

    BalasHapus
  19. Iya kak, saya juga suka banget sama novel ini. Ceritanya keren, ada sedihnya juga :')

    BalasHapus
  20. Dikasih bintang 4 ya? Kok aku malah gak terlalu suka deh, soalnya rada gimana gituuu. Apalagi pas yang kejadiaan yang meninggal itu, reaksi aku cuman "udah? meninggalnya gitu doang?" hehe

    BalasHapus
  21. One of my favorites.... Tear-jerker! Setengah mati nahan banjir air mata karena males kalo diliat Mama dan ditanya2. Hohoho :p Thanks reviewnya kak. Aku jadi pengen baca ulang... Nostalgilak! xD

    BalasHapus
  22. Aku terus ketinggalan ya? Pernah mau minjem, cuma malu sama kakak kelas, dan baru sadar ternyata tebel banget. Menurutku, ini buku GPU yang covernya unyu :D

    BalasHapus
  23. sebenernya ceritanya biasa tapi cara nyajiin nya yg bagus.tapi endingnya krg suka

    BalasHapus
  24. Nggak heran banyak rekomendasikan novel ini ke aku dan kasihannya aku, karena aku belum membaca novel ini :(
    Sekarang, kaka review novel itu, bikin aku semakin penasaran...huwaaaaa...

    Bdw kak, boleh kasih saran sedikit nggak?
    gimana kalau kakak kasih penggalan dialog di novel ini? biar tergambar atau ada pengenalan sedikit peristiwa di novel tersebut, atau nggak kakak kasih cuplikan quote yang ada di novel itu. Pasti makin keren deh review kakak...

    Sekali lagi itu cuma saran doang ya kak..hehe :) :)

    BalasHapus
  25. Wah,, jadi penasaran deh tapi kayanya aku lebih suka akhir kisah yang happy ending soalnya suka geregetan sendiri klo akhirnya sedih :( hikz,, thank u review-nya :)

    BalasHapus
  26. hmm..awalnya semangat tuh bacanta tapi setelah mencapai akhir.. :(:(
    thanks reviewnya..semangat truz sist
    sekalian mampir ke http://downloadnovelheyna.blogspot.com/ ya sist thaks :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...