Rabu, 24 Desember 2014

Personal Project 2015: Donate for Comments


banner credit to @pritapit


My Personal Project 2015: Donate for Comments
Proyek ini merupakan proyek pribadi saya untuk tahun 2015. Selama ini saya cuma bisa berbagi dengan sesama pecinta dan penikmat buku melalui Monthly Giveaway. Namun tahun 2014 yang lalu saya kurang rajin mengadakannya. Dan saya punya keinginan kuat untuk tidak hanya berbagi dengan sesama pecinta buku saja, tapi juga berbagi kepada mereka yang membutuhkan

Untuk setiap komentar yang masuk di blog ini, saya hargai Rp500. Tidak, saya tidak minta sumbangan dari teman-teman, segala pengeluaran tentu dari budget saya pribadi. Teman-teman hanya perlu menyumbangkan waktunya untuk meninggalkan komentar di post saya mana pun (khusus post selama tahun 2015). Karena komentar kalian akan sangat berarti.


I will donate Rp500 for every comments on my 2015 post



CARE TO JOIN FOR A GOOD CAUSE?

 banner 
Donate for Comments

Berbagi itu indah, apalagi kalau dilakukan bersama-sama. Teman-teman yang tertarik untuk ikut serta Personal Project: Donate for Comments boleh melaksanakannya sendiri di web/blognya masing-masing. Supaya lebih rapi dan tidak bingung, saya akan berikan rambu-rambunya:

  1. Target nominal bebas, silakan kamu tentukan sendiri seikhlasnya. Boleh Rp500, Rp1000, maupun Rp10.000 /per komentar. Saya menargetkan Rp500 untuk setiap komentar yang masuk di blog post tahun 2015 ini, termasuk reply dari saya pribadi.
  2. Komentar yang dihitung hanya dari entri post tahun 2015, yaitu post tanggal 1 Januari 2015 s.d. 31 Desember 2015.
  3. Seluruh komentar dalam entri post apapun selama tahun 2015 akan dihitung. Komentar SPAM tidak dihitung.
  4. Buat Master Post, let everybody know your good intention. Lalu pasang banner Donate for Comments di sidebar blog kamu, link-kan ke Master Post kamu. Agar pengunjung blogmu aware dengan proyek ini
  5. Buat Wrap Up post yang berisi laporan seberapa banyak jumlah komentar dan dana yang berhasil dihimpun. Lalu laporkan juga untuk apa dan kemana dana tersebut kalian sumbangkan
  6. Collected Donation. Apabila teman-teman tertarik, mari bergabung dengan saya dan bersama-sama kita menyumbangkan donasi kita untuk satu atau dua badan amal tertenu. Feel free to contact me.
  7. Daftarkan blog kalian (kalau bisa, taruh link Master Post) via linky di bawah ini. Mari kita saling berkunjung dan meninggalkan sebanyak mungkin komentar.   REGISTER YOUR LINKY HERE

FAQ
Bisa tolong jelaskan bagaimana alurnya?
Jadi contohnya:
  • Kamu ikut PP: Donate for Comments dengan target Rp1000/Per komentar 
  • Maka, setiap post di blog kamu sepanjang tahun 2015 otomatis akan terhitung dalam PP: DfC 
  • Apabila jumlah total post kamu di bulan Januari-Desember 2015 ada 100 post. Dan dari total 100 post itu ada 1500 komentar. 
  • Maka, di akhir tahun 2015 dapat kamu hitung 1500 post x Rp1000 = Rp1.500.000 
  • Kamu bebas donasikan 1.5jt itu kemana saja. Boleh ke panti asuhan dekat rumah, boleh ke lembaga amal (LAZ, ACT, dll). Atau disumbangkan dalam bentuk buku ke perpustakan daerah, dsb. Atau gabung sama aku nanti kita sumbangkan ke tempat yang sama

Tentu, jumlah komentar di blog kamu akan berbeda dengan jumlah komentar blog aku. Tapi, kita boleh saling berkunjung dan bertukar komentar sepanjang tahun 2015. Aku akan komentar ke blogmu supaya jumlah sumbangannya makin banyak, dan begitu juga sebaliknya ^^


Apa maksudnya target nominal bebas? Apakah misalnya, dalam komentar kita juga menyebutkan berapa nominal yang ingin kita sumbangkan?


  Target nominal bebas, maksudnya bebas sesuka hati kamu (sebagai peserta). Kamu tentukan sendiri berapa nilai satu komentar diblogmu. Kalau aku, akan kudonasikan Rp500 rupiah untuk satu komentar yang masuk.

Contoh, aku akan hargai satu komentar senilai Rp500. Jadi, kalau dalam satu post ada 10 komentar, berarti 10xRp500 = Rp5000

Nah, target ini bebas. Tidak aku tentukan harus Rp500 juga, jadi semampunya dan seikhlas kamu. Kamu tentukan sendiri di Master Post


Apa maksudnya Collected Donation?
  Yang aku maksud dengan collected donation itu siapa tahu kamu tertarik untuk menggabungkan hasil danaku dan danamu untuk disumbangkan ke satu tempat yang sama.

Contoh: Aku terkumpul Rp200rb, kamu Rp300rb. Maka total Rp500rb tersebut bersama-bersama akan kita donasikan ke Panti Asuhan A. 


Apakah kita boleh punya projek seperti Kak Oky juga, yang nantinya Donate for Comments ini di blog masing-masing, seperti itukah? Atau projeknya tetap milik Kak Oky, tapi kita hanya ikut menyumbang saja. Hehe, tolong jelaskan ya :D
Disini aku hanya selaku host, jadi tiap orang yang tertarik boleh ikut personal project milik aku ini dan mendonasikan dananya sendiri. SIlakan buat proyek yang sama di blog kamu dengan aku sebagai hostnya. Apabila tidak ingin repot mengadakan proyek ini, aku akan sangat senang kalau kamu tetap mau menyumbang komentar di blogku :D

Bagaimana jika hingga akhir tahun ternyata jumhlahnya tidak seberapa?
Apabila sampai akhir tahun ternyata jumlah komentar yg masuk tidak seberapa dan mengakibatkan jumlah donasi yg terkumpul pun sedikit, maka solusinya ada tiga:
  • Menaikkan nominal target, misal awalnya Rp500/komen naikkan jadi Rp10.000/komen. Oke, nggak perlu naik sedrastis itu juga sih sebenarnya. Tapi disesuaikan saja sepantasnya dan semampunya agar nilai donasinya layak ^^
  • Ikut Collected Donation. Kamu bisa bergabung dengan aku atau teman2 partisipan lainnya untuk urunan donasi atas nama kamu/blog kamu :) 
  • Tambahkan sendiri sejumlah yang kamu anggap pantas atau seikhlasnya untuk menggenapi jumlah yang tidak sebeapa. Tapi menurut saya, berapa pun jumlahnya asal ikhlas sih nggak apa2 kok ^^

Sementara ini, baru ada tiga solusi itu yg aku temukan. Mungkin teman-teman ada solusi lainnya?

Punya pertanyaan lain?  
Silakan tinggalkan di kolom komentar ya :D

Tolong jangan nilai dari besar kecilnya rupiah, tapi lebih kepada niat dan impactnya. Agar terkumpul banyak, saya akan lebih sering posting entri, entah itu Review maupun Non-Review. 

Dan saya harap banyak dari teman-teman yang meninggalkan komentar di blog ini. Setiap reply dari saya pribadi pun akan saya hitung sebagai satu komentar. Namun saya tidak akan menghitur SPAM yang masuk.

Seluruh komentar (kecuali SPAM) untuk semua entri tahun 2015 yang terkumpul akan saya rekap di awal tahun 2016 dan jumlahnya akan saya kali kelipatan Rp500. Hasil totalnya akan saya sumbangkan ke badan amal resmi dalam bentuk Rupiah, bukan benda. Karena harapan saya mereka dapat memanfaatkan dana tersebut untuk kebutuhan yang benar-benar mereka perlukan. Tentu, rencana ini dapat berubah di akhir tahun, I only needs to find a good cause

Banyak sekali harapan dan target yang ingin saya capai tahun depan. Semoga tahun 2015 ini jauh lebih baik dari tahun lalu. Semoga anjloknya nilai rupiah hanya sementara, disusul penguatan Rupiah terhadap dollar secepatnya. Semoga inflasi 2% tidak mempengaruhi kemampuan kita membeli buku (loh?). #amiiiin

Harapan-harapan yang saya ungkapkan disini tentunya tidak jauh-jauh dari soal buku. Semoga diet beli buku dan menghabiskan timbunan saya sukses melalui JOGLOSEMAR Tantangan Babat Timbunan. Semoga rezeki saya diluaskan dan dapat banyak buntelan. Semoga saya bisa lebih aktif dalam membaca dan mereview buku. Semoga saya tidak hanya mereview, namun juga bisa memberikan artikel bermanfaat lainnya (biar ada variasi). Dan semoga personal project saya tahun ini lancar. #amiiin

Bismillah.. semoga personal project: donate for comments ini sukses dan bermanfaat. Terima kasih atas partisipasinya, I will really appreciate you comments. Muach~ hugs&kisses

68 komentar:

  1. Wow, ini project yang bagus. Good luck ;D

    BalasHapus
  2. Waaah, menarik ^^ Terkesan nih, jarang ada projek seperti ini untuk blog buku, aku bisa nemu blog personal aja, hehe... Semoga lancar ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, makasih Syifaa.. ayo ikutan juga ^^

      Hapus
    2. Hosh... Bismillah ^^ Udah daftar, tinggal menularkannya untuk orang lain :D

      Hapus
    3. Alhamdulillah, thank you ya Syifaa :D

      Hapus
  3. Insya allah tak usahain buat ikut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, aku tunggu keikutsertaannya. Thank you ^^

      Hapus
  4. Aku mau ikutaaann :DD Tapi kayakny butuh waktu buat bikin master post-nya xD Great project! ;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Stef. Have already checked your post. ^^

      Hapus
  5. Project yang menarik. Aku mau ikutan kak Oky... :)

    BalasHapus
  6. Aku ikutan kak :)
    Semoga saja rezeki dilancarkan untuk tahun depan sehingga banyak dana yang terkumpul ^^

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Hurraaay!! Ok kang ditunggu partisipasinya :D

      Hapus
  8. Pengen ikuuut.. Tp bukan komen melainkan review yg aku buat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dihitung sesuai dengan jumlah review maksudnya?

      Hapus
  9. Halo Kak Okie...
    salam kenall
    Aku ikut yahh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ajen, salam kenal juga
      Hihi, makasih yaa udah ikuta ^^

      Hapus
  10. Mbak, mau nanya.
    Kalo misalkan sampai akhir tahun ternyata jumlahnya tidak seberapa, itu bagaimana ya? Hehe *ya misalkan jarang ada yang komentar gitu hihi menyedihkan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Ade, thank you ya sudah mau nanya-nanya. Good question. Mau aku taruh di FAQ sekalian nih ^^

      Apabila sampai akhir tahun ternyata jumlah komentar yg masuk tidak seberapa dan mengakibatkan jumlah donasi yg terkumpul pun sedikit, maka solusinya ada tiga:

      1. Menaikkan nominal target, misal awalnya Rp500/komen naikkan jadi Rp10.000/komen. Oke, nggak perlu naik sedrastis itu juga sih sebenarnya. Tapi disesuaikan saja sepantasnya dan semampunya agar nilai donasinya layak ^^

      2. Ikut Collected Donation. Kamu bisa bergabung dengan aku atau teman2 partisipan lainnya untuk urunan donasi atas nama kamu/blog kamu :)

      3. Tambahkan sendiri sejumlah yang kamu anggap pantas atau seikhlasnya untuk menggenapi jumlah yang tidak sebeapa. Tapi menurut saya, berapa pun jumlahnya asal ikhlas sih nggak apa2 kok ^^

      Sementara ini, baru ada tiga solusi itu yg aku temukan. Mungkin teman-teman ada solusi lainnya?

      Hapus
    2. Kalo gitu aku bilang aja sekarang, misalkan nanti donasiku sekiranya kurang, nanti aku urun sama Mbak Oky aja ya :) Syukur" temen-temen di sini mau gabung urun, jadi jumlahnya lebih banyak juga :D

      Hapus
    3. Iya De, gitu juga gpp ^^
      Siip~ amiin

      Hapus
  11. Ikutan ya Ky, udah bikin master postnya :)
    Semoga nanti kekumpul banyak donasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba udah ikut.. amin amiiin semoga gerakan kecil kita ini punya impact besar untuk sesama ^^

      Hapus
  12. keren okyyy.... Insya Allah aku mau ikut :))
    tapi masterpostnya kemungkinan baru sempet bikin besok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, makasih ya mba sudah mau ikutan ^^

      Hapus
  13. Keren nih project!
    Aku ikut ya, Ky..

    Udah bikin post nya di blog aku, tapi di gabungin jadi satu post sama yang lain.. hohoho

    Makasi udah bikin project ini.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiik, makasih udah join..
      Jangan lupa masukkan linky ya biar banyak yg blogwalking :D

      Hapus
    2. Oky, ini apa browser aku yang salah atau gimana ya?
      Aku gak nemu linky-nya... :(

      Hapus
    3. Di browserku ga ada masalah nih mba.

      Tapi linky-nya memang aku taruh di tengah post (anti mainstream). Tepat di bagian rambu2 poin no.7 Daftarkan blogmu

      atau coba cek tepat di atas FAQ. Habis ini aku edit dikit biar nampak jelas. Sorry yaa hehe.

      Hapus
    4. Emang kalau buka dari kantor gak bakalan bisa, Ky..
      Soalny linky di block di kantor aku.. tadi coba buka dari tab mau.. :)

      Sudah daftar..
      Terimakasih..

      Hapus
    5. Oh ternyata gitu, haha..
      Alhamdulillah kalau sudah bisa :D

      Makasih ya udah daftar :*

      Hapus
  14. Aku ikutan yaa....Inshaa Allah segera posting woro-woronya di blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, makasih yaaa. Ditunggu woro2nya ^^

      Hapus
  15. Okyyyyyy, pagi2 udah baca ini. 2015 berasa durjana belum nyentuh blog. Mg bisa ikutan ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, berkah pagi nih ada yg baca postku pagi2.
      Ayo semangat disentuh lagi blognya. Aku tunggu ya mba partisipasinya hehe.
      Thank you :*

      Hapus
  16. ini ya oky http://restandrelaxbooks.blogspot.com/2015/01/donate-for-comments-join-us.html :*

    BalasHapus
  17. Mau tanya Oky, kalau misalnya sudah ada tempat untuk nyumbang dananya bagaimana kah? Soalnya gw punya komunitas juga namanya One Day One Book yang akan gue sumbang dananya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, terima kasih ya animonya :D
      Tujuan donasi bebas asalkan memang untuk kebaikan dan untuk mereka yg membutuhkan ^^

      Hapus
    2. Okay siap Oky, nanti tak pasang banner nya ya :D

      Hapus
  18. ikuuut: http://bibliough.blogspot.com/2015/01/event-donate-for-comments.html

    BalasHapus
  19. Oky, saya ingin mengadakan program yang sama dengan ketentuan yang sama namun untuk membantu Sekolah Raya (Sekolah yang membutuhkan bantuan) silahkan kunjungi http://salmanbiroe.blogspot.com/2015/01/yuk-ikutan-donate-for-comments.html

    BalasHapus
  20. seru ini, tapi pikir pikir dulu deh, anak kos, maklumlah hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, baiklah. Semoga tergugah ikut serta ^^

      Hapus
  21. aku ikutan.
    tapi, ga bisa masukin ke linky, ada tulisan (Cannot add links: Registration/trial expired)

    http://theladybooks.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry for the inconvenience. Sudah aku benahi linky nya. Blog kamu sudah aku add.. thank you for join me :*

      Hapus
  22. baru blogwalking, kesasar di sini..
    idenya manis juga...
    your comment is your charity..
    jadi semakin sering komen di blog ini = semakin rajin berdonasi (lewat tangan jeng oky..he,)

    semoga semakin dimudahkan rejekinya, dientengkan jodohnya, dan segera dirampungkan skripsinya...

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, thanks uda mampir kemari. Haha, ini kan charity teman2 juga ^^
      Ayo ikutan atuh :D

      Amiiiin, amin, makasih banyak ya doanyaaa :D

      Hapus
  23. seru neh mba oky. idenya selalu topcer neh
    aku ikutan tapi aku masih new bie gak ngerti cara masukin bledge
    aku kudu belajar lagi nata blog yang berantakan
    just count me in ya mba di projek ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo bu dokter, makasih yaa udah berniat gabung disini :D
      Good luck

      Hapus
  24. Asyik proyeknya. OK, coba cek post2 dulu siapa tahu ada yang familiar (sudah lama tidak jadi avid reader soalnya) :)

    BalasHapus
  25. mbak oky, aku udah buat wrap post di http://nirwana-hawra.blogspot.co.id/2016/01/wrap-post-donate-for-comments.html

    saya mau ikut donasi bareng-bareng sama mbak oky. hubungin mbak oky via apa ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Happy, terima kasih ya sudah menulis wrap postnyaa

      silakan kontak saya langsung di okeyzz@gmail.com kalo masih berminat mendonasikan bareng2

      Hapus
  26. keren mba projeknya.. salam kenal ya, dan saya mau ikut donasi bisaa?

    Harga Helm Terbaru dan Termurah

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...