Kamis, 18 Desember 2014

Notes from Qatar 3: Dream, Do, Deliver

Judul: Notes From Qatar 3: Dream, Do, Deliver
Penulis: Muhammad Assad
Artistik: Achmad Subandi
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tahun: 2014
Hlm: 231
ISBN: 9786020243337
Rating: 2/5
Sinopsis:
NFQ3:   
Notes from Qatar adalah buku best seller karya Muhammad Assad, buku ini sudah terbit dua seri yaitu Notes from Qatar 1 dan Notes from Qatar 2, dan sekarang ini terbit seri ketiga yaitu Notes From Qatar 3 dengan tag line Dream, Do, Deliver.

Bagi penggemar NFQ pasti sudah hapal bahwa ciri khas NFQ selalu memiliki tagline. Untuk NFQ1 adalah 3P (Positive, Persistence, Pray) dan untuk NFQ2 adalah 3H (Honest, Humble, Helpful). Untuk NFQ3 3D ini rumus tersebut bisa diturunkan menjadi Dream + Do = Deliver.

Hidup tanpa mimpi akan membuat kita tersesat, dan terlalu banyak mimpi tanpa berusaha hanya akan membuat kita berjalan di tempat. Sehingga ketiga faktor itu saling berhubungan. Jika kita mempunyai mimpi yang besar (Dream) dan mau berusaha keras untuk mewujudkan mimpi itu (Do), maka pasti akan memberikan hasil (Deliver) yang sangat dahsyat.

Editor's Note
Masih tetap menggunakan keunggulan kekhasannya Muhammad Assad memotivasi para pembacanya dengan penjelasan singkat, padat, membumi, namun pas di hati.

Setelah review saya untuk buku NFQ 2: Honest, Humble, Helpful saya langsung hajar buku NFQ 3 ini. Habis dibaca di kereta dalam perjalanan pulang. Setelah kita diajarkan untuk meraih kekuatan eksternal dengan menerapkan Honest, Humble, Helpful di buku NFQ 3 ini kita diajak untuk menerapkan kekuatan aksi melalui Dream, Do, Deliver.

Secara keseluruhan, buku ini nggak jauh berbeda dengan NFQ 2. Beberapa sudah pernah saya baca di blognya. Bahkan ada beberapa bagian NFQ 2 yang dibahas lagi di NFQ 3 ini. Selebihnya berisi foto-foto narsis Assad. Ah, sayang sekali. Saya kecewa. Jadi saya bayar mahal untuk lihat foto-foto berwarna Assad dalam NFQ 3 doang, nih? No offense ya, tapi memang harga buku ini terhitung mahal. Walau dalam taraf wajar untuk kualitas kertas dan halaman colorfulnya ini sih.

Secara manfaat, memang banyak manfaat yang bisa kita petik dalam buku ini. Tapi karena beberapa sudah pernah saya baca di blognya (bagian: "Misteri Jodoh dan Menikah Muda", "Apakah Karma itu Ada?"). Sisanya ada yang mengulang NFQ 2 tapi karena saya nggak hapal jadi tidak saya sebutkan bab nya disini ya. Nah karena beberapa ada pengulangan, jadi pas baca ini saya sering skip bagian-bagian yang sudah saya tahu isinya. Makanya buku ini langsung selesai dalam sekali duduk.

Hal baru dalam NFQ 3 ini diantaranya pada bab "Smoking is Killing", "The Unforgetable Idul Adha", "Maka, Bersujudlah", "Adversity Quotient", dll. Dan favorit saya pada bab "Belajar "Goblok" Bersama Bob Sadino" yang membuka mata saya bahwa untuk jadi sukses itu nggak perlu pinter-pinter amat, modal goblok aja malah bener (oke, ini ngawur, jangan diambil secara literal ya).

Anyway, saya tetap menikmati membaca NFQ 3 karena penyampaiannya ringan, bisa dihabiskan dalam sekali duduk, dan jujur saja pesannya bermanfaat bagi kalian yang mampu dan mau menerapkannya. But still, I'd give it 2 stars out of 5. I really need to read the first book! Somebody give me Notes From Qatar 1, please! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...