Rabu, 17 Desember 2014

Taste Life Twice for book lovers!



Meskipun jumlah blogger buku sekarang sudah banyak, namun rata-rata semuanya dikelola oleh pecinta dan penikmat buku dengan latar belakang yang berbeda. Tapi kalau blog buku yang dikelola oleh penggiat buku, atau saya sebut saja sebagai orang dalam? Well, jarang sekali kita temui ya.  

Orang dalam - the insiders, saya definisikan sebagai orang yang benar-benar berprofesi di dunia perbukuan sebagai penulis atau penerbit. 

Taste Life Twice, merupakan blog yang dikelola oleh Windry Ramadhina dan Ayu Prameswary. Mungkin teman-teman sudah familiar nama penulis (Windry) diatas. Mba Windry dan Mba Ayu membuat blog ini karena kecintaannya atas dunia buku. Mereka akan bicarakan apa pun tentang apa yang cuma orang dalam ketauhi. Just like what I said before, the insiders. Kalau saya boleh kutip dari halaman about TLT: tentang orang-orang di dalamnya, tentang tempat-tempat, tentang ’apa’ dan ‘bagaimana’

Nah lho, udah serasa the gossip girl belum? Tapi tentunya mereka bukan sekadar menggosip lah, buktinya mereka justru memberikan kabar pemberitaan/klarifikasi soal Chrismor. Masih ingat kabar yang menggegerkan para fans tentang kenapa ChrisMor keluar dari GagasMedia? Kamu bisa baca klarifikasi Chrismor via TLT dalam postingannya yang berjudul Menyapa Christian Simamora di Twigora.

Dengan akses dan aset yang TLT miliki, tentu kita sebagai komunitas pecinta buku rasanya bagai dapat angin segar nggak sih? Yang jelas, saya sih seneng banget bakal mendapatkan entri-entri blog terkait dunia kepenulisan yang hanya diketahui oleh the insiders.

Konsep TLT yang beda ini menurut saya bakal jadi strong point di dunia per-blog-bukuan. Dengan desain blog simple dan bersih (mirip blog saya kan, selera kita memang sama, Mbak *toss dulu ah*) jadi bikin betah mampir kesana. Sejauh ini sudah ada kategori yang sangat beragam. Ada Books, Love, Life, People, Places, dan How dan masing-masing turunannya.


BOOKS
Wow, mereka all out sekali menggarap konsep TLT ya. Keren. Pada kategori Books pun masih dibagi lagi kategorinya menjadi Poems, Children books, Non fiction, dan Novel. Saya suka dengan keseriusan mereka (nggak kayak saya) untuk menambahkan sentuhan manis foto bukunya yang di tata penuh gaya dan kelihatan banget kalau mereka pinter moto dan pake kamera yang bagus dan mahal.

LOVE
Pada kategori Love masih dibagi menjadi dua bagian, yaitu Inspirations dan Things. Pada bagian inspiration sejauh ini mereka baru menyediakan guest post dari penulis Prisca Primasari yang pamer membagi kisah perjalanannya ke Jiyugaoka, Jepang. Omaigaaat, keren ih guest postnya keren bener. Sedangkan pada Things, Mba Windry membahas notes-notes unyu didukung dengan foto-foto cantik. Aak, saya ngiri banget dengan foto-foto cantiknya. Kapan saya bisa menghiasi blog saya kayak gitu yaa, hmm.

LIFE
Masih banyak sekali hal-hal menarik yang mereka bahas dalam kategori lainnya. Seperti dalam kategori Life mereka membagi berita seputar buku. Sementara ini berita bukunya masih soal Giveaway yang mereka adakan sih. Semoga kedepannya lebih banyak ditulis berita dan liputan soal buku lainnya yang lebih menarik ya.

PEOPLE
Kategori People di pecah lagi menjadi Writer, Publisher, dan Illustrator. Saya suka kategori ini karena Mba Windry dan Mba Ayu going beyond by interviewing writer (ChrisMor) dan ilustrator (Gina). Mantab! Inilah kelebihan the insiders, mereka punya akses ke orang-orang di balik layar. Gonna stay tuned here!

PLACES
Places merupakan kategori khusus mereka mengulas bookdepository. Untuk ini nggak jauh beda dengan ulasan para blogger buku lainnya. Semoga kedepannya mereka lebih banyak mengulas toko buku offline, tempat-tempat yang tidak pernah kita kunjungi sebelumnya. Toko buku antik, toko buku bekas, dll. Definitely worth to wait.

HOW
Kategori terakhir, How, adalah kategori favorit saya. Berhubung saya orangnya nggak kreatif dan males ribet, saya selalu kagum sama mereka yang mau meluangkan waktunya untuk repot-repot melakukan DIY (do-it-yourself) hanya demi kepuasan pribadi. Wow. Selain DIY, tak lupa mereka menambahkan bagian Writing Tips, ini nih entri wajib yang harus dimiliki seorang penulis buku.

Oiya, TLT juga punya Empty Shelf Project lho tempat mereka jual buku bekas koleksi pribadinya di tokopedia. Koleksinya sesuai selera saya nih, wah gawat, bahaya buat diet beli buku saya. 

Last but not the least, saya rasa TLT ini paket komplit dengan konsep yang matang. Semoga seterusnya menjadi media perbukuan yang selalu rajin terupdate dan bermanfaat dalam dunia per-blog-bukuan. Definitely on my bookmark!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...