Selasa, 30 Oktober 2012

Saya Blogger Buku

Selamat Hari Blogger Nasional
27 Oktober 2012



It will gonna be a long story ~

Mengingat kembali kapan pertama kali saya bikin blog ini sejak Oktober 2008. Sejak 2007 saya sudah suka nulis review, mulai dari review film, drama, maupun buku. Saat itu sih lebih banyak review K-Drama dan Dorama di bandingkan yang lainnya di blog Multiply. Tapi karena sambutannya lumayan *ecieee* dan archivenya makin banyak, maka saya putuskan untuk di jadikan blog khusus sendiri. 

Itu juga alasan kenapa archive saya mulai dari tahun 2007 karena hasil pindahan. Kalo posting aslinya disini mungkin ya dari awal Oktober itu~ review drama sepertinya. Saya lupa tepatnya. That's why I never celebrate this blog anniversary as I don't know for sure the exact date~ so I took liberty to celebrate it every month with giveaway and held a big celebration on my birthday, hehe.

Lalu kenapa namanya Kumpulan Sinopsis Untukmu? Kenapa bukan kumpulan resensi atau kumpulan review? Well, ini ceritanya agak lame sih. Jadi karena tahun segitu saya masih cupu (maklum, saat itu kan masih kelas 1 SMP) jadi yang saya sebut review itu lebih tepat disebut essai menceritakan kembali. Walaupun di akhir tulisan tetap saya selipkan komentar pribadi, tapi tetep aja isinya jadi full spoiler lah yaaaa~ coba baca aja review-review awal saya yang lame itu *aku maluuuu*

Karena saya sadar banget tulisan saya zaman dulu nggak mendekati definisi Review/Resensi yang baik maka dengan humblenya saya pake nama Kumpulan Sinopsis Untukmu. Belakangan ini nyesel sih, kenapa dulu nggak ngasih nama 'Kumpulan Resensi Untukmu', haha. But, well, I kinda like just the way it is now. Lagi pula SEOnya sudah bagus banget di google rank, so no complaint anymore deh..

So, why BBI?


Karena saya merasa kesepian #eaaaa. Serius, sepi. Nggak ada teman yang spesifik mereview apa yang saya review. Kalau pun ada biasanya di campur dengan blog pribadi. Saya jadi merasa nggak punya identitas dan akibatnya jadi nggak semangat buat update blog. Udah tahu sejak lama sih soal BBI di Goodreads, sejak di daftar awal masih hanya berisi 30 blog waktu itu. Yang jelas saya masih belum ngeh, cuma terpikir, "Oh, ada juga ya ternyata yang suka ngereview buku kayak saya."

Tapi tetep merasa beda karena postingan saya kan masih campur dan belum rela misahinnya. Trus makin lama kok Bogger Buku Indonesia makin seru ya (Iya, saya sudah sering blogwalking ke blog BBIers saat itu, cuma gentayangan aja sih tanpa meninggalkan jejak). Pada posting bareng dan sebagainya.. Then I decided to join them after long making decision [read this]. Banyak pertimbangan, di antara lain sayang sama review-review film dan drama. But, I never regret it. Sekarang saya punya identitas.  

.Saya Blogger Buku.

Anyhoo~ saya sering menerima surat pembaca *tsah, surat pembaca* baik via email maupun twitter yang tanya mengenai bagaimana cara untuk bergabung ke BBI? Cihuy, BBI makin eksis nih yeee..


Mau bergabung menjadi Blogger Buku Indonesia?
Nah, biar lebih gampang, sini saya rekap sekalian ya how-to guide bisa di baca sendiri di mari:

UPDATE:  Untuk FAQ (18/01/2013) resmi mengenai BBI, silakan cek FAQ Fanpage BBI


JOIN BBI:   
Jadi mau gabung ke BBI? Caranya gampang banget.. coba ikuti langkah berikut ini.

1. Punya blog buku
Punya blog (iyalaaah). Konten blog harus murni berisi buku. All about books. Kamu bisa tulis review, haul, wishlist, cover, kutipan dari buku, dst. Apa pun asalkan spesifik tentang buku. Jadi jangan di campur dengan curhatan, atau posting di luar konteks buku.

Jadi, kayak saya dulu blog ini campur berisi review buku, film dan drama. Tapi karena saya niat join BBI jadinya review film dan drama itu saya hide dan secara berkala saya pindah ke blog lainnya supaya blog ini khusus berisi review buku saja [read this]. Karena blog saya memenuhi syarat, makanya langsung lolos seleksi. Soalnya kalau blog kamu masih ada konten di luar konteks buku, biasanya langsung ke jaring sama Om H.Tanzil dan aplikasinya di tolak.

2. Update terakhir min. 4 bulan
Nah, sebagai anggota BBI yang baik ya harus rajin update ya. Kalau mereview buku dirasa berat, update aja buku yang sedang kamu baca saat ini apa. Buku yang sudah jadi wishlist kamu sejak lama. Haul (di kalangan BBIers nama kerennya "buntelan") atau buku yang habis kamu beli/dapatkan apa. Yah, minimal satu post/bulan lumayan lah~ soalnya kalau ketahuan nggak aktif selama 4 bulan berturut-turut akan di keluarkan dari daftar BBI. Sayang banget kaaan~ nanti saya jadi sedih #plakk

Gimana dengan blog yang baru dibuat? No probs, as long as you have at least 5 or 6 post about books and been blogging for a month or so, I guess. Soalnya sejauh ini banyak kok yang baru banget bikin blog buku baru walaupun kontennya memang sudah lama ada, jadi tinggal di pindahin aja. Itu sama Om H.Tanzil udah langsung di kasih kartu pass. So, pede aja.. di coba dulu siapa tahu beruntung ^^

3. Daftar Blog Buku Indonesia
Sudah yakin mau daftar? Langsung aja hubungi Pendaftaran member : membershipbbi@gmail.com BACA FAQ mengenai Blog Buku Indonesia di fanpage BBI.

Btw, masih belum punya akun Goodreads? Daftar dong~ kan Goodreads itu ibarat perpustakaan pribadi kita. Segala buku yang sudah/akan/sedang kamu baca terarsipkan di GR, jadi intinya GR itu wajib punya, terutama buat BBIers.

Sudah daftar? Kalau gitu tinggal tunggu approve dari Om H.Tanzil. Kalau kamu sudah di approve nanti link blog kamu akan terdata dalam daftar blog buku di halaman pertama. Kalau belum di approve, coba cek apa yang kurang dari blog kamu menurut Om H.Tanzil.

4. Pasang Banner BBI
Kalau alamat blog sudah tercantum dalam daftar blog buku itu, segera pasang banner BBI di blog kamu untuk membuktikan bahwa kamu anggota BBI dan lebih mudah dikenali member-member lainnya. Oya, biar makin di kenal kamu harus rajin blogwalking dan meninggalkan jejak di blog BBIers lainnya.. then we'd gladly to visit yours. Etika dasar blogwalking berlaku.

5. Join BBIers Community
Sudah resmi jadi anggota BBI? Selamaaat yaaa *tepok tangan* *tebar confetti*

Eh, tapi jangan senang dulu. Sudah resmi terdaftar bukan berarti kamu benar-benar tergabung dalam komunitas BBI. Nah, gimana caranya biar bisa tergabung? Ya SKSD aja sama member-membernya. 

Follow twitter BBI di @BBI_2011
Like Fan Page BBI di : like fan page BBI di http://www.facebook.com/blogbukuindo
Agregator BBI : http://blogbukuindonesia.blogspot.com/
 
Haha, pada dasarnya kita semua ini ceriwis lho, jadi seneng dan welcome banget sama orang-orang baru. Tapi jangan terintimidasi ya kalau kita hiperaktif, makanya kamu juga jangan malu-malu dan harus lebih hiperaktif lagi biar nggak tenggelam. Kita nggak gigit kok. Jadi silakan mention dan nimbrung obrolan kita-kita terkait buku di twitter. Biasanya kita sering menuhin timeline dengan mention segambreng demi obrolan buku. Soalnya banyak yang nyamber begitu saja, the more the merrier!

6. Aktif mengikuti Event BBI
BBIers tidak pernah kehabisan agenda. Setiap akhir bulan kita ada agenda baca dan posting bareng dengan tema/buku tertentu. Selain itu ada event Giveaway Hop, Secret Santa, Meme, Challenge, Kopdar tiap daerah, dst. Itu baru event grup ya, kalau event pribadi masing-masing jauh lebih banyak lagi, kayak saya sendiri contohnya Monthly Giveaway dan Annual Contes: End of Year Book Contest. Tujuannya biar kita berbagi semangat membaca!

Biar nggak ketinggalan event, sering-sering cek twitter @BBI_2011 dan Grup Facebook BBI atau simpelnya sih silakan colek masing-masing BBIers yang ceriwis di twitter tentang apa yang lagi hot sekarang ini. We'd love to share the love of reading with you XD



Keuntungannya banyak: Ketemu para blogger buku Indonesia itu kayak ikan ketemu air~ rasanya segar dan hidup. Ketemu teman sekolam, berasa soulmate banget deh. Haha. Ngobrol nyambung. Pengetahuan tentang dunia buku dan penerbitan bertambah. Banyak dapat kisikan obral buku dengan harga super miriiiiiiing. Sering kecipratan rezeki, entah menang kuis/giveaway atau emang rezekinya kebagian buku gratis dari penerbit, and so on, and so on~ terlalu banyak untuk diceritakan (apaaan..)

Yang berkesan itu kalau lagi ada event dan posting bareng. Kalau posting bareng tentang buku yang Oke tuh langsung galau~ kayak Sarah's Key dan My Top 5 Boyfriend. Bisa seru-seruan sendiri, kayak pas lagi Secret Santa, heboh banget nyari buku wishlist yang di jadiin wishlist si doi, belum lagi heboh nebak siapa yang jadi Santa kita.

Kerugiannya: Dompet jebol alamakjaaaang. Sebenarnya ini kembali ke diri kita masing-masing sih, kalau bisa nahan diri ya aman. Gara-gara cakupan selera membaca yang luas jadinya setiap blogwalking dan baca review buku yang bagus eh jadi mupeng, trus dimasukin ke wishlist, trus hunting, trus beli deh. Belum lagi godaan sale gila-gilaan. Itu pun akhirnya cuma ketimbun sampai berdebu dan diselepin ke sela-sela tempat yang tersissa. Kapan dibaca? Hanya Tuhan dan dia yang tahu #tsah.. 

Semuanya avid reader, book hunter, book spender, book piler (ini saya sotoy bikin istilah englishnya, nggat tahu bener atau salah). Sukanya pada nimbun buku banyak-banyak, entah kapan dibacanya. So many books, so little time. Jadi suka banget kalap kalau ke pameran dan ada diskon buku. Pokoknya prinsip timbun dulu, baca kemudian itu sudah mendarah daging. Tapi yakin deh nggak ada yang nyesel. Kalau pun sekarang nyesel tak lama bakal terulang lagi dan kita tetep hepi #HEH

 it's our guilty pleasure




PS: Posting bareng BBI (Blogger Buku Indonesia) dalam rangka Hari Blogger Nasional
PS: Picture credit to Pinterest

65 komentar:

  1. wah, ada syarat jadi BBI-ers. Thx ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. iya sama-sama Om.

      Eh, tapi bener kan itu jadi 6 bulan maksimal vakumnya?

      Hapus
  2. hahahaa..itu yang bagian "kerugian"nya itu bener banget, ky. Dompet jebol padahal buku cuma ditimbun (yg dibaca malah ebook). Heran...kok gak kapok2 ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakaka...
      Iya banget mbak. Aku juga uda tahu timbunan numpuk masih aja bandel pinjem komik di rentalan #nakal

      Hapus
  3. Pokoknya prinsip timbun dulu, baca kemudian itu sudah mendarah daging. Tapi yakin deh nggak ada yang nyesel. Kalau pun sekarang nyesel tak lama bakal terulang lagi dan kita tetep hepi. <-- I like this haha

    BalasHapus
  4. kutu buku emang beda tipis sama penimbun buku ya ky =D btw reviewmu salah satu yang paling enak dibaca kok ky, singkat padat mengena =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. kayaknya kutu buku itu udah pasti penimbun buku (mulai sotoy sok mengeneralisasi).

      Hehe, makasih mba Astrid~ kyaaaaa *blushing* *trus jingkrak2*

      Hapus
  5. Ini postingan paling lengkap. Ada how-to-guide nya...

    Iya bener ky.. tiap habis blogwalking dijamin wishlist pasti nambah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. iya mba, uda lama aku bikin draft how-to-guide itu.

      Nyahaha, mba desty juga ternyata suka mupeng ya abis baca review BBIers *yes, ada temennya*

      Hapus
  6. wah kenal ama Oky sejak dari multiply, akhirnya ketemu dimana-mana, hehehe

    terkait dengan kerugian, jual aja buku timbunan yang lain, beli buku timbunan baru. Kan lumayan, siklusnya berganti, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget mas Helvry juga suka ngereview di Multiply kan waktu itu.. berarti temen blogger BBI terlamaku itu mas Helvry yaaa~ :D

      Hapus
  7. bener banget ky, sejak gabung BBI ak jadi boros banget beli buku, ahmpir tiap bulan beli buku apalagi setelah kerja dan punya duit sendiri, behhhh, g terkontrol deh, rencana taun depan ak mau ngerem beli buku, pinjem aja deh, beli yg disuka banget #SaveIsiDompetSulis :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya setuju. Beli buku yg emang pengen di koleksi ajah..

      Aku uda sukses puasa beli buku 3 bulan ini lho!! Semoga November juga penuh puasanya. Ayo semangat #SaveIsiDompetSulis

      Hapus
  8. Bagiku semua avid reader itu masokis, Ky. Udah tau dompet bakal jebol karena beli buku banyak, tapi tetep aja dilakuin :))
    Gara2 itu juga, ga pernah jadi beli TV .__.. But I have my books, so TV bisa beli kapan2 X)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku termasuk juaraaaaang banget nonton TV. Sampe ketika TV di kamar "dipinjem" aku rela-rela aja, bahkan rak TV nya sekarang dipake buat naroh timbunan yang homeless gegara rumahnya dimakan rayap XD

      Hapus
    2. ^
      ^
      @ Ren
      @ Melisa

      Wah, aku baru tersadar kalo kita ini masokis~

      Aku juga demi buku jadi sering ngere kebutuhan sandang.. sampe udah jebol itu sepatu dan tas cuma satu buat pemakaian abusive tiap hari.

      Hapus
  9. Okyy lengkap banget postingnya!!! hihihi.. Oky ni paling rame menurutku orangnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha... makasih mba Ana. Semoga postingan ini bermanfaat buat "calon" BBIers baru

      *hepi abis di puji* *iyalaaah*

      Hapus
  10. hahaha... bener banget... hobby nimbun buku makin menjadi sejak gabung BBI lebih-lebih bisa nitip beli buku dari temen di kota lain pas ada diskonan >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyahaha, selama jadi avid reader maka selalu ada jalan untuk menimbun buku mba Inge =))

      Hapus
  11. *Toss sesama penimbun*
    Thanks buat posting lengkapnya, Oky. Palagi cara bergabung sama BBI, berguna banget tuh bagi para calon BBI-ers ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. *Yaaay, toss juga*

      Iyaaah~ biar kalo ada yg tanya bisa langsung kasih link ajah dari pada jelasin hal yg sama berkali2

      *merasa agak dudul nih. kenapa ga kepikiran cara efisien ini dari duluuu yaaa?*

      Hapus
  12. wahaahaa, every single words are so true :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kekeke.. berarti semua BBIers merasakan dan mengalami hal yg serupa :D

      Hapus
  13. Hasil dari blogwalking, nemu banyak member Multiply, dan kamu pun ternyata anak MP juga. hehe

    Hhmm, soal guilty pleasure, yang penting punya dulu Ky bukunya. Pastinya bakal dibaca, walau entah kapan *ninja*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku baru blogwalking bentar, jadi cuma nemu anak MP itu mas @Helvry dan mba @AS.Dewi juga dirimu~ Emang anak MP yg lain siapa lagi mba?

      Fitur MP emang keren deh ya~ sebel bgt waktu terusir gara2 di tutup Desember bsk T.T

      Haha, betuuuuul bgt! Itu adalah alasan yg aku pake ketika nimbun: "Yang penting punya dulu."

      Hapus
    2. aq juag pindahan dari MP :D pertama males beresin krn sdh byk spam (setelah lama vakum), lalu ada kabar mau ditutup, ya sudah boyongan ke blogger

      Hapus
    3. Iyah, emang ngeselin itu SPAM promosi jualan di guestbox. Tapi tetep ga kapok sama MP~

      Hapus
  14. Aku juga niii mulai banyak timbunannya karena suka beli buku krn sale aja, bukan karena emang uda pnasaran sama bukunya. Jadi pas sampe rumah uda deh ditaro. Ga dibaca. Ahahahhaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muahaha, emang sale itu bikin impulsif. Kalapnya jadi ga kira2. Gimana timbunan di rumah mba? Pernah ga sengaja beli buku yg sama ga?

      Hapus
    2. tentu tidak.. gue belom sekalap itu Ky. ahahaha.. tapi pernah beli buku tau2 menang kuis dapet buku yang sama. udah deh satu buku dihibahin ke temen

      Hapus
    3. Ya, kirain.. =))

      Aku juga pernah tuh beli buku berttd trus menang giveaway buku yg sama-sama berttd. Tapi ku jual sih, soalnya masih bungkusan gitu :P

      Hapus
  15. Pokoknya prinsip timbun dulu, baca kemudian itu sudah mendarah daging.>>> rasanya menohok :P

    btw nama blog bukannya bisa diganti ya, tanpa bikin blog baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. It hurts but it's true #apaseh

      Iyah, bisa diganti tapi SEOnya nanti beda dong takutnya. Soalnya uda beken dg nama yg sekarang *beken dari manaaanyaaa* #plakk

      Hapus
  16. Bener banget tuh. Semenjak gabung di BBI suka kalap liat buku apalagi klo lagi ada di toko buku.

    "Nimbun dulu bacanya belakangan" top banget tuh kalimat Ky *memandangi tumpukan buku yang nimbun di kamar* *bingung berapa nanti ongkir buat dikirim ke Medan* *tapi tetap gak kapok nimbun* Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyanyanyanya~ I'm just saying the truth =))
      Iyaaa dong, mana ada yg kapok sih. Ini uda mendarah daging! #plakk

      Hapus
  17. Kalo aku setelah gabung di BBI yang kepikiran "Eh ternyata banyak ya orang yang keanehannya kayak saya" hihihi.. Selama ini merasa jadi Alien di lingkungan sekitar soalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. *hug*

      Thanks to BBI bgt kita bisa ketemu temen2 sehobi yaa *terharu*

      Hapus
  18. hehehe... ketawa baca tulisannya, terutama di bagian dompet jebol :). Belum lagi kalau bukunya ternyata udah ditarik di pasaran, asli bikin sebel. Penasaran bisa sampai kemimpi2 #lebay pisan... hihihi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaaa bener bgt. Tapi kalo uda gitu biasanya makin semangat nyarinya via internet. Trus sujud syukur ketika ternyata temen BBIers ada yg punya buku out of stock itu *halah*

      Hapus
  19. Aku mau liat sinopsisnya Oky jaman dulu yang katanya lame itu ah.. Hehehe

    Btw, hebat bener udah ngeblog dari SMP. Konsisten lagi sampe sekarang. Hebbaatt :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh mau di baca? Tidaaaaak aku maluuu *tutup muka*

      Blogging itu kegiatan yg tetep fun sih mba di era trend socmed saat ini #apaseh

      Hapus
  20. Wah, makasih buat info cara gabung ke BBI. tertarik banget pengen ikutan, tapi langkah pertama mau bikin blog khusus buku dulu, hehe.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, sama-sama mba.

      Ayo, kita tunggu tanggal mainnya nih~

      Hapus
  21. Wah, Ky, seandainya muridku ada yang sepertimu, maka makin rame lah jagad BBI ini hihihi...

    Belum jadi penimbun akut sih, apalagi semenjak suka beli and taro aja, sekarang sadar diri. Puasa ngga liat email dari toko buku, merem liat postingan diskon buku di FB, and cari kegiatan lain kalo ada pameran buku wakakakak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pengalih perhatian yg oke bgt itu mba. Salut.
      Selama ini aku masih sering cuci mata sama email langganan dari tokbuk, mampir2 ke tokbuk online, terus ikut nimbrung kalo lagi ada yg bahas titip menitip buku *pantesan puasa beli buku terasa beraaaat* *jedotin jidat*

      Hapus
  22. Saya sudah pernah dengar sih Mbak, dan berminat juga.
    Kayaknya waktu itu di salah satu grup di fb ada yang promo juga.
    Semoga segera dapat bergabung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. oke mba Esti, kami tunggu ya~ semoga cepet gabung :D

      Hapus
  23. lho, komenku kok ga masuk, ya?

    aku suka gambar laptopnyaaa XD

    oya, ky, ajarin bikin kolom "Buka"nya itu sih. aku suka. biar ngehemat space :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka sama gambar laptopnya. Pengen deh punya screen guard unyu gitu~

      Aku ada codenya, mba Peni mention email aja ke twitterku nanti aku kirimin :D

      Hapus
    2. oke sip. ntar aku kirim dm ya, oky... ;)

      Hapus
  24. ayo menimbun buku... *lho* heheee...

    BalasHapus
  25. saya termasuk yang beruntung kali ya, karena begitu daftar BBI langsung diapprove.

    BalasHapus
  26. moga BBI makin jaya dan BBI ers makin eksis :))

    BalasHapus
  27. baru sempet BW, speedy lagi speedeooolamoyoo, jadi menjelang subuh waktunya bobok baru bisa inet *hicks* padahal daku kan juga bayar ngak ngutang --- aniwei, so nice and really glad to meet you Ky, BBI-ers emang Oje (kyk iklan berjalan deh), eh knp jadi ngelantur ya, wktnya bobok kali, entar disambung lagi ya *gubrak zzzzZZZzzz*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi emang akhir-akhir ini koneksi internet bafuk bgt sih mba. Aku mau kirim email aja sulit setengah mati.

      Haha, aku juga seneng bgt ketemu mba Maria dan teman2 BBI lainnya. *cupmuah deh pokoknya*

      Hapus
  28. Terimakasih infonyaa :) *bahagia

    BalasHapus
  29. "Semuanya avid reader, book hunter, book spender, book piler (ini saya sotoy bikin istilah englishnya, nggat tahu bener atau salah). Sukanya pada nimbun buku banyak-banyak, entah kapan dibacanya. So many books, so little time. Jadi suka banget kalap kalau ke pameran dan ada diskon buku. Pokoknya prinsip timbun dulu, baca kemudian itu sudah mendarah daging. Tapi yakin deh nggak ada yang nyesel. Kalau pun sekarang nyesel tak lama bakal terulang lagi dan kita tetep hepi #HEH"
    Pas baca ini tuh langsung DEG beuh aku banget inimah, sampe rela ngerengek rengek sama mamah (pelajar dg kantong kempes :v ) demi dapet buku, tapi begitu dapet bukunya, duh males bacanya udah deh simpen dulu ntar kalo udah ada minat baca wkkkkkk
    Padahal mah entah kapan bakalan dibaca tuh, walaupun gitu ttp seneng sih, kaya ada rasa bangga gimana gitu hahaha #gaje #abaikan

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...