Minggu, 27 April 2014

Kulonuwun GagasMedia @ Momento Cafe Jogjakarta


Gagasmedia goes to Jogja. Saya baru dapat kabarnya jam 10 pagi tadi dan langsung meluncur kesana pukul 1 siangnya. Ketika sampai disana, saya disambut MC yang tiba-tiba menagih tepuk tangan. Ya sudah saya tepuk tangan saja dengan disaksikan seluruh pengunjung. Belakangan baru tahu kalau tepuk tangan itu HTMnya, hoalaah..


standing banner, meja buku tamu, dan rak buku jualan gagas

Pengunjung dapat blocknote gratis, leaflet, snack, dan kotak makan siang gratis. Great job Gagas! Sayang saya nggak kebagian leaflet How Your Passion Publish Your Writing. Kalau liat punya temen itu isinya tentang kepenulisan gitu, bermanfaat banget lah buat dikoleksi.


Ini blocknote unyu dan hm, semacam leaflet kepenulisan gitu.



isi leaflet


Setelah mengisi buku tamu dan dapat blocknote unyu, saya melihat ada rak jualan buku gagasmedia yang hanya diberi diskon 10% saja. Ah sayang sekali, selain nggak bawa duit, diskonnya kurang nendang~ saya lewatin rak buku tersebut dan langsung duduk di kursi penonton bersama Mas Dion @ Baca Biar Beken dan Mimi @ Galerie des Livres. Trus saya ketemu Kiki, Aghnia dan Carolina. Aghnia temen sekelas saya di EEC, Kiki calon penulis, dan Carol yang bilang 'foto jepret sekali itu terlalu mainstream' pas kami lagi narsis bareng.

dari kiri ke kanan: Kiki, Aghnia, Carol
foto candid Mas Dion pake kaus BBI
pembicara dari kiri ke kanan: Arini Putri, Derita Mahasiswa, Karlina, Bernad Batubara





Saya kelewatan sesi pertama dimana para editor senior Gagasmedia menyapa Jogja. Jadi tak lama setelah saya duduk, sesi kedua dimulai. Sesi kedua ini giliran para penulis gagasmedia yang jadi pembicara; Derita Mahasiswa (@deritamahasiswa), Arini Putri (Goodbye Happiness, Rain Over Me, Duet Gagas: Kekasih), Bernard Batubara (Kata Hati), dan Karlina (#EasyEnglish).



Sayangnya, saat sesi kedua ini berlangsung, tiba-tiba hujan badai dengan angin kencang. Karena lokasi Momento cafe yang semi terbuka, dan banyak genteng bolong-bolong akhirnya porak porandalah dunia *lebay*. Yah, yang jelas sampai kami basah kehujanan (maklum namanya aja hujan angin) dan Mba Arini Putri yang sedang jadi pembicara di depan ketimpa standing banner yang terbawa angin. 

Saat awal-awal hujan sih saya dengan santainya menikmati makan nasi bungkus yang disediakan oleh panitia biarpun jadinya nasi rasa hujan. Tapi ketika badai anginnya semakin mengganas, akhirnya saya yang ketetesan air akibat genteng bocor terpaksa menyingkir dan berdiri di bagian belakang cafe yang 'agak' terlindungi. Hiks, sedih.. sebenarnya kalau nggak hujan, lokasi cafe ini lumayan adem lho apalagi kalau pas siang hari gitu.




Anyway, biarpun hujan badai dan petir menyambar-nyambar, para penulis keren yang jadi pembicara tetap semangat. Bahasan yang mereka utarakan seputar bagaimana perjalanan naskah mereka akhirnya bisa diterbitkan oleh Gagasmedia dan perjalanan menulis buku-buku mereka, terutama susahnya mentransisi tulisan model tweet ke bahasa tulisan buku. 

Lalu dibuka sesi tanya jawab, banyak sekali pengunjung yang bertanya mengenai kepenulisan. Mengenai bagaimana mengatasi writer block, bagaimana memilih nama tokoh, bagaimana menulis dialog yang baik, menulis dengan outline dst. Para penanya kemudian mendapatkan goodie bag. Lumayan banget, rugi saya nggak ikut nanya. Isi goodie bagnya satu novel dan kaus All You Can Eat-nya Christian Simamora. Aaak, pengen..


 
ngebajak goodie bag emas-emas yg saya lupa ga nanya siapa namanya,
tapi katanya dia kakak angkatan saya di fisipol, walo dia ga mau ngaku angkatan berapa
thanks mas uda boleh minjem goodie bagnya

Sesi ketika sesi ketiga dimulai, yaitu sesi konsultasi naskah bersama para editor Gagasmedia, akhirnya hujan pun berhenti. Dan para pendaftar pun satu per satu mendapat jatahnya masing-masing. Termasuk si Mimi @ Galerie des Livres


 
Mimi dan Mba Wiwid


Karena hari sudah sore dan kepala saya pusing gara-gara kehujanan, akhirnya setelah ambil foto si Mimi lagi konsultasi dengan mba Wiwid, saya pun meluncur pulang meninggalkan Mimi yang saya tahu nanti pulang bareng sama temennya (maaf ya Mi, hehe). Mampir ke Togamas sebentar untuk beli ATK *hebatnya saya nggak tergoda beli buku karena emang lagi nggak bawa duit*  uhuk.

Btw, sebelum Mimi dipanggil konsultasi naskah, kami para BBIers yang memanfaatkan momen ini untuk sekalian kopdar pun masih sempet foto narsis, hehe. Sayang sekali Mba Desty dan Mas Steven nggak bisa hadir. Karena saya juga tahunya dadakan, jadi nggak bisa ngajak Wenny dan Hanifah, huhu.. maaf ya~


 #kopdar BBI Jogja with Mimi and Mas Dion





See you on next meet-up and book event, guys~ sekian laporan pandangan mata acara Kulonuwun GagasMedia @ Memento Cafe Condong Catur, Jogjakarta. Harusnya di blog Mas Steven ada LPM tentang sale Gramedia nih. Kami mupeng denger Mas Steven nggak datang karena lagi ada acara trus dia mampir ke Gramedia, ngiming-imingi sale disana, haha.


PS: Eh, pas saya mau pulang gitu saya beneran ketemu sama orang yang punya tongsis lho. Itu tongsis ternyata beneran ada ya, ini pertama kalinya saya liat tongsis langsung bukan dari iklan TV *katrok*

16 komentar:

  1. duh ada kopdarnya juga -_-
    aku udah ngincer acara ini sejak lama loh mbak sebenarnya, udah diajakin temen juga. eh apadaya ada asistensi dadakan minggu minggu pula -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini acaranya dari jam 10-18 lho say, nyusul aja gpp sebenernya. Ya udah, next time kita bersua ya ^^

      Hapus
  2. Balasan
    1. Haha, iya lumayan seru.. apalagi ada badainya segala :)

      Hapus
  3. his ini aku jga bikin LPM'a ajga deh mba :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okay Mi, ditunggu LPMmu.. terutama ulasan lengkap isi acaranya ya say, kan aku sesi 1 dan sesi 3 ga ikutan tuh..

      Hapus
  4. Wiiih konsultasi naskah sama mbak Iwied!! Jogja hujan badai juga toh? Jakarta kapan tau hujan es batu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah, seriusan sampe hujan es batu? Kok cuacanya buruk banget yaaa

      Hapus
    2. iyaaa aku konsul sama mb iwied.\
      padahal d jdwal tu hrusnya sma windy ariestanty hahaha
      wuuuu jan ujan badai bgt
      qta yg d dalem aja udah kya kena gerimis
      basah kuyup

      Hapus
    3. Iya.. Badai gitu tapi ada esnya segede gundu banyak banget. Kena kepala lumayan sakit.

      Hapus
    4. AHAHAHAHA GA BISA BAYANGIN KEUJANAN ES BATU *kepencept capslock*

      Hapus
  5. Suka ama bajunya oky..*komen ga nyambung*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. makasih mba, ntar kusampaikan #eh *nyambung ga?* :)

      Hapus
  6. very interesting post :)

    http://agrro-turisme-fishpond.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Ya ampun, cuma tanya dapet goodie bag isi novel sama kaos? Aaaaaaaa mauuuu.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...