Kamis, 15 Januari 2015

All You Can Eat

Judul: All You Can Eat
Penulis: Christian Simamora
Penerbit: Gagasmedia
Tahun: 2013
Hlm: 472
ISBN: 979780643x
Rating: 3/5
Sinopsis:
AYCE:   
‘CINTA KOK BIKIN SEDIH?’


Dear pembaca,

Berbeda dengan penulis lain di luar sana, aku akan berterus terang mengenai akhir novel ini: bahagia. Tapi, kumohon, jangan desak aku untuk menceritakan awal ceritanya. Juga tentang siapa Sarah, siapa Jandro, dan apa yang menghubungkan mereka berdua.

Aku juga tak akan melebih-lebihkan penjelasanku mengenai novel kesepuluhku ini. ‘All You Can Eat’ memang bukan cerita yang orisinal. Jadi, jangan terkejut saat mendapati ceritanya mengingatkanmu pada curhatan seorang teman atau malah pengalaman hidupmu sendiri. Ini tentang seseorang yang istimewa di hati. Yang tak bisa kamu lupakan, juga tak bisa kamu miliki.

Jadi, apa keputusanmu?
Kalau setelah penjelasan tadi kamu masih ingin membaca novel ini, tak ada yang lagi bisa aku katakan kecuali: selamat menikmati.

Dan selamat jatuh cinta.


CHRISTIAN SIMAMORA

Sarah needs perfect getaway from her messy breakup with cheating boyfriend. Untuk cewek se-cool Sarah, saya heran kok bisa ya dia dimanfaatkan cowok abal-abal kayak gitu. Bad choice!

Sahabatnya yang kaya raya sampai istilahnya berak duit, eh atau muntah duit ya, menawarkan villa milik keluarganya di Bali. She fly to Bali with style, her agenda is to finish her movie script and heals her heart. Tapi rupanya di Villa sudah ada yang duluan make. It's Jandro.

Jandro ini adeknya Anye, beda usia mereka 7 tahun. He has a crush with Sarah since junior high, waktu itu sih Sarah sudah jadi anak kuliahan. Tertolak lah ia. Usut punya usut, si Jandro juga habis break up sama pacarnya dan butuh bertapa menenangkan diri.

Yah, akhirnya mereka berdua memutuskan untuk sharing villa. Tapi karena Jandro ini sempet punya sejarah cinta bertepuk sebelah tangan dengan Sarah. Dan Sarahnya napsuan gampang tergoda dengan Jandro versi dewasa yang seksi abis. Jadilah mereka cinlok.

Problemnya, Sarah nggak enak sama Anye dan yang paling parah menurutnya adalah perbedaan usia 7 tahun itu. Oh please deh, dua alasan yang menurut saya sebenarnya cemen tidak separah kalau pasangan beda keyakinan, beda status sosial, mungkin juga kasus beda suku, tidak direstui orang tua, salah satu (bahkan dua-duanya) sudah menikah, atau salah satunya penyakitan atau akan menjelang ajal. Well, beda usia itu bukan hal besar. Lalu rasa nggak enak sama Anye itu, kalau lihat karakter Anye sih, masih bisa dikompromikan lah.

Lalu, reviewnya.. Hm, gimana yaa, jujur saya capek baca buku ini. Singkatnya, buku ini kepanjangan, like.. harusnya bisa disingkat jadi 200an halaman aja tapi diseret-seret, trus jadi merembet dan malah kemana-mana. Capek deh..

Trus kedua, saya kipas-kipas bacanya. Nggak hanya karena pendeskripsiannya yang super hawt dan sangat eksplisit, tapi juga kipas-kipas karena emosi sama karakter dan masalah yang nggak kelar-kelar. Perlu saya tekankan ya buku ini khusus kalian yang berusia 21+ karena mengandung isu dewasa yang sangat eksplisit.

Lalu ada karakter maupun trivia dari buku CS lain yang jadi cameo di AYCE tapi saya nggak hapal si karakter atau trivia A, B, C itu dari buku yang mana. Haha, lupa. Anyway, saya punya love-hate feelings sama si Jandro. Di satu sisi he's too good to be true, tapi di sisi lain dia itu cowok sok dewasa yang ngeselin.

Sedangkan Sarah ini cewek yang beneran cool seperti deskripsinya CS tapi dia itu agak, ehm, gampangan. Kenapa sih she can't control herself? Separuh buku ini isinya pikiran binal si Sarah lho, serius. 

Saya termasuk penggemar karya-karya Christian Simamora, lihat saja buku-bukunya yang sudah saya review disini. Tapi untuk AYCE ini saya jujur aja bosan. Bleh. Saya baca buku ini sampai sebulan, padahal biasanya 3 jam sudah selesai. Setiap sudah mulai masuk adegan binal, saya langsung eneg, lalu berhenti beberapa hari. Setelah itu saya mulai lagi dan skip bagian yang bikin bosen itu. 

Awalnya sih menikmati, blushing dikit, tapi ketika diulang-ulang yaaa, eneg juga nggak sih. Or is it just me? Seandainya adegan binal yang diulang-ulang itu dihilangkan, saya yakin buku ini bisa lebih ringkas minimal sampai 100 halaman deh. Well, maybe it is just me.

Diatas semua protes saya itu sebenarnya CS tetap pada gaya berceritanya yang khas dan meledak-ledak. Walaupun khusus buku ini saya menjumpai istilah dan kata-kata yang, IMO, alay. Semacam: remem-buh, eibiji, sowwy, puh-leez dan sebangsanya. Kalau kata-kata itu dihilangkan, atau diganti dengan kata yang lebih normal, saya yakin tingkat kekerenan buku ini at least nambah 15% deh.

Ide ceritanya memang mainstream tapi CS pandai menuliskannya. Karakternya seru, ceritanya lucu. Poin plus pada cover yang elegan dan seksi. Walaupun begitu, buku ini sangat melelahkan *tetep* *elap keringet*. Bahkan saya butuh dua bulan tambahan untuk bangun mood mereview buku ini. Harusnya dapat 2 bintang. Tapi karena buku ini lumayan lucu dan ada Anye yang lovable, ya sudah deh kasih tambahan satu bintang lagi. Kamu udah baca AYCE? Kalau menurut kamu buku ini gimana?

20 komentar:

  1. jadi pengen baca juga AYCE ini, udah lama ngga baca karya CS lagi soalnya hehehe, nice review

    BalasHapus
  2. Bukunya karya Bang Chrismor memang eksplisit--sejauh yang kubaca di review orang-orang. Tapi apalah aku ini... jangankan 21 tahun, untuk mencapai 17 tahun aja kudu ngelarin masa SMA dulu *apalah sweet seventeen pas kuliah*.

    Tapi kalau baca review-nya, kok bisa sih? Kadang seorang tokoh memang harus punya kekurangan--it's mean nggak sempurna banget--tapi masa iya Sarah yang cool bisa bodoh segitunya (?) *dikeplak*

    Kapan kali Bang CS bisa kek nulis buku yang 'wajar' dibaca seusiaku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo Syifaa ga boleh nakal, hihi, kamu yg sabar ajah ya sampai 21 :*
      Btw soal Sarah, yah karena mungkin kelemahan dia dibagian lemah karena nafsunya

      Hapus
  3. Hmm sempet beberapa kali kalo ke toko buku pingin coba beli bukunya CS.. tapi setelah baca review ini kok jadi euuh gitu. Soalnya sy bukan termasuk penyuka adegan eksplisit 21+ hehe. Gimana dg buku2 CS lainnya, apa selalu bertabur 21+? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup Mba Ruri, kalau mau yg kurang eksplisit bisa dicoba buku2 terdahulunya, seperti pillow talk

      Hapus
  4. khusus yang usia 21+ tahun yaaa.. aku baru 20 tahun ^^, kayaknya belum cocok baca ginian :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beluuuum.. kalo bisa tunggu sampai 23 sekalian ajah ^^

      Hapus
  5. Aku 25 + berarti udah boleh baca ya? Itu masuk timbunan belum kebaca, Kyy :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dong mbaaak, wkwkwk ayok dibacaaa. Kalau baru pertama kali baca dan ga sesuai selera biasanya langsung pada ngritik lifestyle-nya hahaha

      Hapus
  6. Kak Oky sama kayak saya nih. Sama-sama bakal me-skip bagian yang bikin bosan. Kayaknya bukunya menantang nih untuk dibaca. Ya walaupun saya tahu kalau buku ini sangat melelahkan (seperti kata pe-reviewnya), tapi coba baca boleh kan ? Moga aja nggak molor sampai 1 bulan kayak kak Oky, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok boleeeh, asal uda 21+ mah boleh ajaah ^^

      Hapus
  7. haduh Mbak, jujur aja buku ini salah satu buku yg bacanya aku skipping :D aku ngga sabaran sama si Sarah, Jandro-nya juga gitu. Menurutku temanya emang umum sih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kaaan, toss! Hahaha emang pace nya lambat banget. Ya ga banget sih, cuma terlalu diulur2 aja ceritanya. Tapi percaya nggak, ternyata Guilty Pleasure pacenya lebih lambreta lagi.

      Hapus
  8. ini buku CS pertama malah yang aku baca mbak (selain yang di wattpad). Dan langsung kaget kena adegan 21++nya, sampai kata temenku (cowok) "kok bacaan mu kayak gini?" hahaha.

    kalo aku, mungkin karena tersepona ama CS, cepet kok bacanya. Jadi penasaran ama buku lainnya, apalagi abis kepo reviewnya situ, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. CS pernah nulis di wattpad? Mau doong kasih tahu username/judul tulisannyaaa... hahaha ya ampuun, please deh kamu umur berapa sih? Nakal yaaa *tabok

      Hapus
    2. hoo, aku mengenal CS dari wattpad, mbak haha.
      ini link wattpad nya http://www.wattpad.com/user/ChristianSimamora

      aku udah twenty something kok mbak, temen cowokku aja yang sok - sokan *loh*

      Hapus
  9. Hahaha, thanks yaaaa~ otw ke wattpadnya CS

    Alhamdulillah, soalnya ada yg komen, dia suka baca buku CS tapi masih 16y.o. aku jadi ngeriii wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp.
      hahaha, mungkin karena covernya menarik sih. tapi itu udah tulisannya "novel dewasa" loh padahal, hmm

      Hapus
  10. aku baru mau baca ini..
    sedih kayanya ketinggalan banyak. agak ragu juga setelah baca reviewnya mbak... tapi karya CS tetap harus diperhitungkan

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...