Sabtu, 24 Januari 2015

Readathon Day! #timetoread

Hari ini saya ikut merayakan Goodreads National Readathon Day 2015. Untuk pertama kalinya Goodreads mengadakan event ini. Readathon berasal dari kata Read dan Marathon, kita diajak untuk membaca buku selama 4 jam berturut-turut pada hari ini, 24 Januari.

Karena adanya perbedaan waktu, maka warga seluruh dunia tidak dapat melakukan Readathon secara serentak. Namun, Goodreaders Indonesia mengadopsinya dan kita bisa berpartisipasi sesuai dengan waktu setempat, yakni pukul 12 siang hingga 4 sore, WIB. We have 4 hours to finish a book(s).

I didn't sign up officially in Goodreads Indonesia, maupun Goodreads di Amerika. Jadi ya, I did it for myself, hehe. Kebetulan, saat jam 12 siang tadi, saya lagi di kereta dalam perjalanan menuju Yogyakarta, Saya membaca Matched by Ally Condie.



Matched ini sudah ada dalam timbunan saya, sejak, hm, maybe like a year ago. Tapi sudah menjadi wishlist saya lebih lama lagi, sejak 2011, ketika saya sedang sangat terobsesi dengan genre dystopia. Saya beli bersamaan ketika saya membelikan kado arisan untuk.. untuk siapa ya saya lupa, hehe maap. Yang jelas, halaman bukunya sudah ada bercak menguning, hiks.

Anyway, saya sukses membaca hingga 234 halaman, berdasarkan statistik goodreads saya berhasil menyelesaikan 61% dalam waktu 4 jam.

Berdasarkan 61% yang sudah saya baca, menurut saya buku ini lumayan membosankan. Mungkin karena termasuk trilogi jadi sengaja dibuat sebagai pengantar untuk membangun suasana dan memantapkan pondasi cerita. Segitu aja ya, nanti komentar panjangnya saya jadikan satu dalam review utuh saja :D

Sebenarnya saya yakin bisa menyelesaikannya dalam sekali duduk, mungkin bisa kurang dari 4 jam dan tambah satu buku lagi. Tapi apa mau dikata, di kereta saya malah ketiduran. Sampai kamar kos, saya bersih-bersih, mengepel, makan, dan semua itu memakan waktu satu jam. Lalu di satu jam yang tesisa, saya malah tidur-tiduran dan tidak maksimal membacanya. 

Fiuuuh, Readathon pertama yang sangat dipaksakan dan berakhir tidak efektif (kalau nggak mau dibilang gagal). Tapi yah, alhamdulillah yaa~ masih sempat membaca di sela-sela waktu itu. Lumayan deh dari pada tidak sama sekali :)

Kalau kamu, hari ini baca apa?

4 komentar:

  1. aku baca gelombangnya Dee Lestari.. efektif cuma baca 1.5 jam (112 halaman), sisanya aku ketiduran Ky >.<

    BalasHapus
  2. Aku namatin The Devil in Black Jeans-nya aliaZalea, tapi emang tinggal beberapa puluh halaman sih. :p (tapi tetap disambil WA dan Fb). XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakaka.. pantesan kok kemarin seru abis kebinalan kalian di WA =))

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...