Kamis, 31 Januari 2013

After the Wedding from Secret Santa

Judul: After the Wedding
Penulis: Kim Ji-Oh
Penerjemah: Dwita Rizki Nientyas
Penyunting: Prisca Primasari
Proofreader: Emi Kusmiaty
Penerbit: Qanita
Hlm: 296
Tahun: 2012
Rated: 3/5
Beli di: Hadiah dari Secret Santa
Sinopsis:
After the Wedding:   
Aku tidak tahu sejak kapan aku merasa sangat ketakutan ketika berada di dekatmu. Bukankah dulu kita menikah karena cinta? Tapi, kenapa perasaan yang sangat menggebu itu kini lenyap begitu saja? Sebegini menyakitkankah jika cinta menjadi sebuah rutinitas? Aku benar-benar tidak mengerti ....

Dan disinilah aku, mengasingkan diri di Pulau Jeju, semua demi menghindar darimu .... Aku berharap embusan angin yang dingin, ombak yang bergelung di laut pasang, dan suasana yang hening dapat mengalihkan perhatianku dari kepedihan.

Tapi, hati memang tak bisa dibohongi. Aku tetap merindukanmu, sekalipun kita terpisah begitu jauh. Dan sebagian kecil dari hatiku berharap untuk kembali, ke sisimu, ke kediaman kita.

Kuharap kau bahagia selalu. Jangan lupa makan yang teratur, gantilah tirai ruang tamu saat cuaca mulai dingin, dengarkan musik Aria yang menenangkan saat hatimu kalut. Dan ingat ....

Nan eonjena neol saranghaeyo….

Istrimu, Min Jung

Demi menikah dengan Lee Hyun Sung si konglomerat tampan, Min Jung rela drop-out dari Universitasnya dan menjadi ibu rumah tangga di usia yang masih muda. Walaupun masa pacaran mereka singkat, Min Jung dan Hyun Sung saling mencintai. 

Mereka saling mencintai tapi kenapa Min Jung tidak bahagia dengan pernikahannya? Benar kata orang, cinta saja tidak cukup.

Kisah di mulai dari sudut pandang Min Jung yang terlihat sangat tidak bahagia di tahun ketiga pernikahan mereka. Setiap kali suaminya mendekat tangannya akan langsung gemetaran takut. Saya pikir ada kekerasan seksual dalam pernikahan mereka, tapi sepertinya itu karena  Min Jung sedang depresi. Ia  selalu cemas, ketakutan, tidak betah dengan keberadaan suaminya, dan tidur terus menerus.

Lalu perlahan-lahan alurnya mulai flashback. Dalam setiap hal yang ia lakukan, pasti Min Jung atau Hyun Sung akan mengingat memori masa lalu yang menunjukkan mereka sangat bahagia sebelum ini. Misalnya saja cincin berlian pernikahannya yang super mahal. Hyun Sung ingat betapa terkejut Min Jung saat pertama kali menerimanya dan bahkan berjanji tidak akan pernah melepasnya. Tapi sekarang Min Jung menaruhnya begitu saja di meja nakas. 

Kemudian hal-hal kecil lainnya juga muncul secara flashback mulai dari saat-saat mereka berpacaran dan hingga akhirnya saya dibuat mengerti alasan-alasan Min Jung tidak bahagia. Semua yang dialami Min Jung saya rasa bisa membuat siapa pun depresi, apalagi mengingat usia Min Jung yang sangat muda dan merasa terintimidasi jika dibandingkan keluarga konglomerat suaminya.

Lalu di saat Min Jung hamil, ia memutuskan pergi dari kehidupan Hyun Sung. Ia ingin menyelamatkan bayinya dan kemudian ia menghilang. Membuat Hyun Sung kalang kabut mencarinya. Yah, bagaimana pun problemnya, mereka ini pasangan yang saling mencintai..

Saya nggak tahu kenapa akhir-akhir ini sering dapat buku bertema pernikahan ya. Marriages life, infidelity, and such.. karena saya sendiri masih kecil (kecil dari manaaa?), jadi susah bagi saya untuk mengkorelasikan dengan kehidupan saya yang masih kecil ini *tsah*. Anyhoo, kalau sekedar simpati sih saya bisa lah, tapi untuk benar-benar memahami, err belum tentu. Eh, tapi masalahnya nggak seberat itu kok, saya aja yang berlebihan. Haha.

Awalnya saya merasa kurang nyaman membaca buku ini. Menurut saya format penulisannya aneh dan membingungkan. Saya tidak bisa bilang terjemahannya kurang luwes karena hampir semua terjemahan novel korea yang saya baca yah sama aja, maka kesimpulannya memang gaya bahasa korea begini semua, jadi ya saya memang belum terbiasa. 

Saya butuh beberapa saat untuk beradaptasi dengan gaya bahasanya. Tapi semakin dibaca, alur campurannya makin menghanyutkan dan saya sampai pada kesimpulan, ceirtanya memang bagus. Meskipun begitu, saya nggak menemukan karakterisasi yang saya sukai. Baik Min Jung maupun Hyun Sung, nasib yang mereka alami memang bikin saya simpati namun entah karena temanya atau gaya bahasanya saya jadi nggak terkesan sama karakternya. Oh, ini cuma masalah selera saja sih sebenarnya.


Hallo Santa!! 




Review ini di posting dalam rangka posting bersama Blogger Buku Indonesia untuk event tahunan: Secret Santa BBI 2012

Ini hadiah dari Secret Santa saya, yeaaa... thanks a lot Lila @ My Book Corner for this book. Bener kan Santaku itu kamu? ^ ^


Aku suka sama covernya (I do still judge book by its cover) dan sinopsis di cover belakang bikin penasaran banget. Tapi rupanya ceritanya memang manis walau temanya sempet bikin aku nggak tertarik, anyhoo I love this books, the plot is so alluring and beautiful although the charaterization is not that impressing. Jadi walau saya kasih bintang 3 saja, hal ini tidak mengurangi apresiasiku terhadap buku yang kamu berikan lho ya, I have to be as honest as possible!

Daaaaan, untuk hadiah buku satunya, review Saga no Gabai Bachan by Yoshichi Shimada bakalan aku schedule post lusa. So, stay tuned yak..



******

Silakan teman-teman BBI masukkan link review buku-buku hadiah dari Santa masing-masing via inlinkz di bawah ini dengan format:

Link review buku (bagi yg mendapat 2 buku atau lebih) silakan masukkan juga di sini. Linky akan saya tutup tanggal 2 Maret 2013

Nama: After The Wedding by Kim Ji-Oh - Oky @ Kumpulan Sinopsis Buku
Link: http://sinopsisuntukmu.blogspot.com/2013/01/after-wedding-from-my-secret-santa.html


PS: Silakan ambil kodenya jika ingin memasukkan inlinkz ini dalam post kamu XD

get the InLinkz code

20 komentar:

  1. Ky, submission linknya baru mulai nanti siang ya? Belom bisa. Setor disini aja yaa

    Nama: A Monstrous Regiment of Women (Misteri Pembunuhan di Bait Allah)
    Link: http://readinginthemorning.blogspot.com/2013/01/a-monstrous-regiment-of-women-tebak.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ky udah aku masukin linknya!!
      Btw, mungkin saatnya kamu nikah Ky? ehehehe..
      Aku juga kurang sreg baca terjemahan Korea Ky. Kayaknya sama Korea aku cuma nyambung sama musiknya. ihihi

      Hapus
    2. Maaf tadi salah setting jamnya >.<

      Iyah, terjemahannya aneh. Aku masih lebih cocok sama terjemahannya Jepang meskipun kata bbrp orang datar :P

      Hapus
  2. aduh salah isi nama xDD nggak bs di edit yahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisanya di delete trus masukin lagi gitu Stef :D

      Hapus
  3. Aku suka covernya Kyy... duh tapi kurang sreg sama nama tokoh korea.. *berasa belibet ngucapinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, kayaknya harus membiasakan diri nonton drama korea mba biar familiar.

      Hapus
  4. santanya belum nongol ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Santaku uda nongol kemarin di posting riddle :P

      Hapus
  5. Mbak Oky ini Reviewku Novel : Heart of The Matter

    Maaf baru bisa publish sekarang

    http://fauzulandim.blogspot.com/2013/01/setelah-terpilih-menjadi-salah-satu.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow, makasih. Deadlinenya masih lama kok, santai aja ^^

      Hapus
  6. Postingan kedua menyusul besok ?
    Pengen tahu review Nenek Saga yg hebat, ceritanya bagus banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah lusa. Soalnya Saga no Gabai Bachan sama sekali blm aku baca m(_ _)m

      Hapus
  7. Nderek langkung, kyyyy.... Hahaha...

    Ah, seneng en sedih deh riddleku terlalu gampang, seneng targetku suka bukunya hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyesel yaaa? Kekeke, SS berikutnya harus lebih sulit riddlenya.. Kalo aku sih seneng ajah riddlenya gampang :P

      Hapus
  8. hahaha.....aku langsung bisa nebak santanya Oky soalnya aku tahuuu yg pernah bikin review The Vow itu cuma aku dan Mbak Lila

    Btw sepertinya aku gak bakal suka sama buku ini, udah bosen sama buku nyangkut2 Korea >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyahaha, aku inget bgt soalnya pernah komen di review the Vow tapi lupa itu review punya siapa, jadi mengandalkan mbah google deh :P

      Haha, aku masih belum kapok sama novel Korea nih, apalagi kalo di kasih/dipinjemin *iyalaaah*

      Hapus
  9. maaf tadi salah masukin linky....
    telat pula ;p

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...